Tuesday, May 28, 2013

Makanan Bagi Ibu Hamil


Makanan Ibu Hamil –Yang harus Dihindari

By Elida S.T


Bagi anda wanita  penggemar “wisata kuliner” khususnya bagi anda yang sedang hamil dan berencana untuk memiliki momongan menghindari beberapa makanan yang menjadi favorit  anda tentunya  akan menjadi hal yang tidak menyenangkan.
Hal ini mau tidak mau harus dilakukan guna menjaga kesehatan anda dan tentunya si kecil yang sedang tumbuh dalam rahim anda. Menentukan jenis makanan apa saja yang baik dan yang harus anda  hindari mungkin  sedikit membingungkan anda khususnya bagi anda calon ibu baru.
Tips singkat berikut mudah-mudahan dapat membantu anda untuk mempersiapkan kesehatan yang baik bagi anda dan si buah hati.
1.Hindari :Makanan yang masih mentah atau belum matang , karena makanan tersebut kemungkinan besar  tercemar oleh beberapa bakteri dan kuman penyakit yang dapat menimbulkan infeksi yang menggangu perkembangan janin dalam kandungan anda misalnya : bakteri listeria yang dapat mengakibatkan keguguran, atau janin meninggal dalam kandungan,bakteri salmonella dapat menyebabkan keguguran, parasit toksoplasma dapat menyebabkan janin tumbuh tidak normal,dan juga bakteri E Coli dapat merusak ginjal dan usus.
2.Jangan terlalu banyak mengkonsumsi  Seafood
Walaupun makanan seafood banyak mengandung asam lemak omega3 yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak  bayi namun berhati-hatilah jangan mengkonsumsinya terlalu banyak  karena beberapa jenis makanan laut mengandung kandungan logam merkuri yang sangat berbahaya khususnya bagi perkembangan system saraf  si kecil,salmon yang masih segar dan tidak diternakkan baik dikonsumsi,sebaiknya batasi konsumsi ikan tuna maksimal 170 gr perminggu,udang teri dan kakap tidak lebih dari 340 gr setiap minggunya.semakin besar dan tua usia ikan kemungkinan makin besar pula tingkat polusi yang terkandung dalam tubuhnya.
Hindari Kafein dan teh herbal .Sedapat mungkin hindari kafein atau teh herbal karena sifat kafein yang dapat menembus plasenta yang berpotensi menggangu sistem pernafasan janin studi menunjukkan minum kopi terlalu banyak dapat memicu janin tumbuh dengan berat kurang ideal sekaligus meningkatkan resiko bayi meninggal pasca lahir serta meningkatkan resiko keguguran.Hal yang paling mudah adalah perhatikan betul kemasan dalam minuman yang anda minum benar-benar aman bagi ibu hamil.

Berhati-hatilah mengkonsumsi Keju dan produk susu lainnya
Pastikan produk susu dan olahanya telah melalui proses pasteurisasi( dipanaskan hingga suhu 60° C ) selama 30 menit
Hindari mengkonsumsi Pemanis buatan dan gula
Pemanis buatan bila dikonsumsi berlebih dan sering  dapat berakibat buruk bagi kesehatan anda dan buah hati.walaupun sakarin,aspartame,spenda masih dapat dikonsumsi dalam batas wajar. Sebaiknya minumlah air putih atau jus buah sebagai gantinya

No comments:

Post a Comment